Nok Amel

Sisi Negatif & Positif Dunia Internet

Jumat, 10 September 2010 , Posted by Test Templates at 07.03

Dunia Maya atau sering disebut Internet bagaikan Pisau yang memiliki sisi yang tajam dan sisi yang
tumpul, tergantung kita menggunakan sebagaimana fungsinya. Internet juga memeliki sisi baik atau sisi buruk, segi keuntungan dan pasti ada yang dirugikan.
Sebetulnya internet digunakan untuk jalur komunikasi, tapi banyak orang yang tidak bertanggung jawab memamfaatkan jalur komunikasi tersebut sebagai borok / untuk membuka, menyebarkan, atau mengungumkan aib individu atau kelompok.

Sudah banyak situs yang memang sangat merugikan bahkan bisa merusak generasi bangsa berikutnya. bagaimana tidak, sekarang anak SD atau pun TK bisa berselencar didunia internet yang belum tentu aman buat mereka ketahui, seperti asusila dan kekerasan-kekerasan yang seharusnya tidak mereka lihat. Pengguna internet (netter) hanya tinggal mengetikan kata kunci (keyword) untuk mencari sesuatu diinternet. Kemudahan ini memang sangat bermamfaat bagi mereka yang Positif menggunakan internet, tapi kemudahan ini juga merupakan celah yang buruk jika digunakan dalam hal negatif.
Mungkin benar pribahasa atau istilah orang yang mengatakan “Gapailah ilmu hinggan ke negeri Cina” atau “Belajar tidak mengenal umur” kata atau istilah tersebut seharusnya di terapakan oleh para orang tua sekarang. Banyak orang tua yang masih tidak mengetahui (gaptek) dalam dunia internet, tapi anak-anaknya sudah mahir dalam berselancar mengarungi luasnya dunia maya, tidak peduli positif maupun negatif.
Para orang tua juga tidak bisa melarang begitu saja dalam mengawasi atau menjaga anak dari keburukan di internet, akan tetapi para orang tua harus bisa mengajarkan anak internet mana yang baik mana yang benar atau mana yang bisa dikunjungi dan mana yang tidak boleh. dan mungkin alternatif lainnya adalah menggunakan jasa ISP (Internet Service Provider) yang memblock situs – situs negatif.
Jadi internet sehat dan aman itu sangat dibutuhkan bagi keluarga utamanya anak-anak, hal ini juga akan berdampak pada kecerdasan otak.
Kembali lagi pada Dua sisi dari internet, Mungkin untuk mamfaat dari internet itu sendiri kita sudah banyak merasakannya, dari mulai banyak kenalan di situ-situs Social network, Forum, membaca berita atau artikel, jual beli, sharing, marketing, mencari pekerjaan ataupun penghasilan, saling memberi motivasi dan banyak hal positif lainnya. Tapi yang namanya dunia (maya maupun nyata) pasti ada keseimbangan dan hal ini sudah terbukti yang nyatanya hal negatif yang ada di dunia internet tidak kalah dengan sisi positif, mungkin lebih banyak negatifnya kali.
Mungkin dibutuhkan kesadaran dan partisipasi dari semua pihak, terutama pihak Pemerintah selaku pengatur bangsa dan negara. dan mungkin artikel ini aspirasi dari pengguna internet, semoga dapat menjadi aspirasi.
copyright  More

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Poskan Komentar

Arsip